Wednesday, February 10, 2016

Usaha Kecil Di Indonesia

Usaha Kecil Di Indonesia - Untuk mengenal usaha skala besar yang lebih kokoh berdiri jika memulai kiprah bisnisnya dari skala kecil. Banyak usaha besar yang mengakhiri debut bisnisnya karena tidak mampu bertahan menghadapi perubahan yang terjadi begitu cepat. Terbukti sangat baanyak usaha besar yang gulung tikar pada saat terjadinya krisis ekonomi moneter akhir tahun 1997.




Ada beberapa faktor para pengusaha besar gulung tikar menghadapi gonjang-ganjing krisis ekonomi moneter akhir tahun 1997 adalah:
  • Pengusaha karena nepotisme
  • Pengusaha karena fasilitas
  • Pengusaha karena birokrasi
Di sisi lain usaha kecil membuktikan jati dirinya. Kokoh berdiri menghadapi lingkungan dunia usaha yang sangat sulit diprediksi dan sangat punya peranan penting dalam menopang perekonomian di indonesia.

Peranan Usaha Kecil di indonesia sangat berperan bagi negara kita yang sedang berkembang. Usaha kecil merupakan sektor usaha yang banyak perhatian dari berbagai kalangan.

Beberapa peranan usaha kecil dalam pembangunan nasional indonesia antara lain:
  • Menyerap Banyak Tenaga Kerja, Jutaan orang indonesia bekerja pada sektor kecil yang mampu menekan angka pengangguran tersebut.
  • Sebagai Penyedia Barang dan Jasa Bagi Masyarakat, karena sebagian alat pemuas kebutuhan dan keinginan masyarakat yang dihasilkan oleh usaha kecil.
  • Penyedia Suku Cadang Bagi Usaha Skala Menengah dan Besar
  • Mengurangi Urbanisasi
  • Mendayagunakan Sumber Ekonomi Daerah
  • Menunjukan Citra Diri Bangsa Indonesia

Tips "Galilah Kelebihan itu dan Manfaatkan untuk Kesejahteraan Sendiri dan Masyarakat

Kelemahan Manajemen Usaha Kecil adalah relatif mirip antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. beberapa kelemahan umum yang sering terjadi pada aspek manajemen dapat di klasifikasikan sebagai berikut:
  1. Kelemahan Manajemen Pemasaran yang hanya memasarkan satu produk ke pasar 
  2. Kelemahan Riset Pemasaran
  3. Terlalu Mudah Menjual Secara Kredit
  4. Menjual Produk Tidak Sesuai Pesanan
  5. Selalu Melebihi Batas Waktu Yang Disepakati
  6. Menjual Hanya Satu Jenis Produk
Demikian kiat-kiat  Usaha Kecil Di Indonesia yang say pelajari dari sumber terpercaya yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi semua kalangan Wirausahawan Indonesia.



No comments:

Post a Comment