1. Daerah Pemasaran
Lokasi dimana produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan dipasarkan, misalnya mencakup jawa barat dan banten.
2. Pasar Sasaran
Adalah segmen tertentu yang akan dilayani oleh perusahaan segmen pasar dapat dibedakan berdasarkan variabel:
- Variabel Geografi
- pembagian daerah waktu
- ukuran kota
- pendapatan daerah
- iklim daerah
- dataran, pegunungan, pantai
- dan lain-lain
- jenis iklim
- usia
- pekerjaan
- pendidikan
- pendapatan keluarga
- jumlah anggota keluarga
- dan lain-lain
- kelas sosial
- gaya hidup
- kepribadian
- dan lain-lain
- frekuensi pemakain produk
- waktu pemekain produk
- jumlah pemakain produk
- dan lain-lain
3. Harga jual
Harga skala partai dan harga eceran dari setiap produk yang dijual perusahaan baik kepada agen maupun konsumen akhir.
4. Volume Penjualan
Perkiraan kemampuan perusahaan dalam menjual produk pada suatu periode waktu, misalnya volume pejualan setiap hari, setiap bulan, setiap semester, dan setiap tahun.
5. Sistem Penjualan dan Pembayaran
- Tunai adalah pembayaran diterima perusahaan bersama atau sesaat setelah penyerahan produk kepada pelanggan
- Kredit adalah pembayaran atas produk yang diperjualbelikan dengan atau tanpa uang muka dan pelunasannya baru diterima pada waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
- Konsinyasi perusahaan menerima pembayaran dari ditributor senilai produk yang berhasil dijualnya. pada saat penerimaan pembayaran ini umumnya bersamaan dengan mengganti atau menambah produk lagi.
6. Saluran Distribusi
Pihak yang diberikan tugas atau kepercayaan oleh perusahaan untuk mendistribusikan produk perusahaan sehingga dapat diterima oleh konsumen akhir.
7. Promosi
Alat promosi mana yang akan digunakan perusahaan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk, serta untuk mengingatkan konsumen atas produk dan perusahaan. bauran promosi yang dapat dipilih menurut Philip Kotler (2002). adalah:
- Periklanan
- Promosi Penjualan
- Personal Selling
- Humas atau Publisitas
- Pemasaran Langsung
8. Analisa Pesaing
Perlu diungkapkan pada studi kelayakan usaha berapa banyak perusahaan pesaing yang berada di pasar sasaran yang sama. Berapa perusahaan pesaing yang lebih kuat, yang lebih lemah, dan gaya seimbang dengan perusahaan sendiri. Apa strategi utama masing-masing pesaing.
Sedikit banyak ilmu yang saya tahu tentang Mengenal Aspek Pemasaran di dunia nyata dan dunia maya yang banyaknya pengusaha dadakan yang tidak tahu aspek pemasaran.
No comments:
Post a Comment