Monday, February 15, 2016

Mengenal Aspek Pemasaran

Mengenal Aspek Pemasaran - Untuk mengenal aspek pemasaran yang paling utama kita harus berkecimpung di dalam pasar terutama seorang pengusaha.sebagai pembukaan dari postingan saya antara lain:


Mengenal Aspek Pemasaran

 

1. Daerah Pemasaran 

 

Lokasi dimana produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan dipasarkan, misalnya mencakup jawa barat dan banten.

2. Pasar Sasaran 

 

Adalah segmen tertentu yang akan dilayani oleh perusahaan segmen pasar dapat dibedakan berdasarkan variabel:

- Variabel Geografi
  • pembagian daerah waktu
  • ukuran kota
  • pendapatan daerah
  • iklim daerah
  • dataran, pegunungan, pantai
  • dan lain-lain
- Variabel Demografi
  • jenis iklim
  • usia
  • pekerjaan
  • pendidikan
  • pendapatan keluarga
  • jumlah anggota keluarga
  • dan lain-lain
- Variabel Psikografi
  • kelas sosial
  • gaya hidup
  • kepribadian
  • dan lain-lain
- Variabel Perilaku
  • frekuensi pemakain produk
  • waktu pemekain produk
  • jumlah pemakain produk
  • dan lain-lain

 

3. Harga jual 

 

Harga skala partai dan harga eceran dari setiap produk yang dijual perusahaan baik kepada agen maupun konsumen akhir.

4. Volume Penjualan 

 

Perkiraan kemampuan perusahaan dalam menjual produk pada suatu periode waktu, misalnya volume pejualan setiap hari, setiap bulan, setiap semester, dan setiap tahun.

5. Sistem Penjualan dan Pembayaran

 

  • Tunai adalah pembayaran diterima perusahaan bersama atau sesaat setelah penyerahan produk kepada pelanggan
  • Kredit adalah pembayaran atas produk yang diperjualbelikan dengan atau tanpa uang muka dan pelunasannya baru diterima pada waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
  • Konsinyasi perusahaan menerima pembayaran dari ditributor senilai produk yang berhasil dijualnya. pada saat penerimaan pembayaran ini umumnya bersamaan dengan mengganti atau menambah produk lagi.

6. Saluran Distribusi 

 

Pihak yang diberikan tugas atau kepercayaan oleh perusahaan untuk mendistribusikan produk perusahaan sehingga dapat diterima oleh konsumen akhir.

7. Promosi 

 

Alat promosi mana yang akan digunakan perusahaan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk, serta untuk mengingatkan konsumen atas produk dan perusahaan. bauran promosi yang dapat dipilih menurut Philip Kotler (2002). adalah:



Mengenal Aspek Pemasaran





  • Periklanan
Segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.  
  • Promosi Penjualan
Terdiri dari kumpulan alat-alat insentif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian, suatu produk atau jasa tertentu secara berlebih cepat atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang.
  • Personal Selling
Presentasi tatap muka dengan satu atau beberapa pasar sasaran untuk menciptakan penjualan.
  • Humas atau Publisitas
Melibatkan semua program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau menjaga citra perusahaan atau produk perusahaan.
  • Pemasaran Langsung
Sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

8. Analisa Pesaing

 

Perlu diungkapkan pada studi kelayakan usaha berapa banyak perusahaan pesaing yang berada di pasar sasaran yang sama. Berapa perusahaan pesaing yang lebih kuat, yang lebih lemah, dan gaya seimbang dengan perusahaan sendiri. Apa strategi utama masing-masing pesaing.

Sedikit banyak ilmu yang saya tahu tentang Mengenal Aspek Pemasaran di dunia nyata dan dunia maya yang banyaknya pengusaha dadakan yang tidak tahu aspek pemasaran.


 




No comments:

Post a Comment