Saturday, February 20, 2016

Keuntungan Mengelola Bisnis Di Rumah Sendiri

Keuntungan Mengelola Bisnis Di Rumah Sendiri - Sangat banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengelola bisnis di rumah sendiri. Keuntungan tersebut antara lain:








a. Relatif tidak ada biaya transportasi ke tempat bisnis

    Sehubungan dengan bisnis dilakukan di rumah sendiri kita dapat menghemat sebagian biaya berupa biaya transportasi. Hal ini berbeda jika bisnis yang dijalankan di tempat lain yang jauh dari rumah, akan ada biaya tranportasi untuk berangkat menuju tempat bisnis dan pulang dari tempat bisnis. Walaupun demikian bila dianggap perlu kita dapat menganggarkan biaya tranportasi ini yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan yang lainnya bagi perkembangan bisnis itu sendiri.

b. Waktu Bisnis relatif fleksibel

    Pada saat tertentu kita dapat melayani konsumen pagi hari atau malam hari. Hal ini tidak menjadi masalah karena kita tinggal di rumah sendiri yang sekaligus menjadikan rumah tersebut sebagai tempat usaha.  Konsumen datang untuk memberikan rizki kepada kita mengapa ditolak, lebih baik diterima dengan senang hati. Kita mendapat pemasukan dan konsumen merasakan kepuasan karena mendapatkan pelayanan yang ramah dan menyenangkan. Jadi antara pemilik bisnis dan konsumen sama-sama mendapat kepuasan.

c. Dapat sambil melaksanakan tugas dan memonitor urusan keluarga

    Sehubungan dengan bisnis dilakukan di rumah sendiri maka pda saat tertentu khususnya di luar jam sibuk, Kita dapat melaksanakan pekerjaan keluarga. Misalnya untuk bisnis peltihan senam aerobik  dilaksanakan pada pagi hari atau sore hari, maka di luar waktu tersebut pemilik bisnis memasak, mengasuh anak-anak, dan lain-lain. Bisnis penjualan DVD pada umumnya konsumen datang membeli kaset pada sore dan malam hari maka pagi hari dapat mengerjakan pekerjaan lainnya termasuk urusan keluarga.

d. Tidak ada kewajiban mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan kepada "BOS"

    Pada bisnis ini kita yang menjadi pemilik sekaligus manajer bahkan bisa juga merangkap menjadi karyawan. Dengan demikian tidak perlu direpotkan dengan urusan mempertanggungjawaban kepada atasan karena kita adalah boss dari bisnis sendiri. Hal ini tentunya berbeda jika kita bekerja kepada orang lain, maka setiap aktivitas kerja dan dimonitor oleh atasan dan pada saat tertentu diminta laporan pertanggungjawaban atas semua hasil kerja sehari-hari. Jika hasil baik tidak akan menimbulkan masalah walaupun sering tidak mendapatkan balas jasa yang layak. Sebaliknya jika hasil kerja dianggap cacat maka konsekuensinya harus rela menerima sanksi minimal berupa "ceramah" yang kurang menyenangkan.

e. Keuntungan bersih menjadi milik sendiri

    Anda adalah pemilik bisnis yang merangkap manajer dan karyawan, dengan demikian keuntungan bersih dari bisnis yang dijalankan di rumah sendiri akan menjadi milik sendiri pula. Keuntungan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, antara lain:
  • Ditanamkan kembali kepada bisnis yang dijalankan dengan harapan bisnis semakin kuat dengan bertambahnya modal usaha.
  • Ditabung di bank sebagai dana cadangan yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu bila kita memerlukan uang tunai.
  • Dipergunakan untuk keperluan sendiri dan keluarga.
  • Dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dari peluang bisnis lainnya yang datang saat tertentu.
f. Merasa aman dan nyaman

   Terutama bagi perempuan mengelola bisnis di rumah sendiri akan merasa lebih aman dan nyaman jika dibandingkan bisnis yang jauh dari rumah. Apalagi kalau harus naik turun angkutan kota yang pada kondisi tertentu banyak dilakukan demonstrasi oleh elemen masyarakat yang menuntut perbaikan ekonomi rakyat, penegakan hak asasi manusia, menuntut keadilan atas vonis hukum yang dirasa tidak adil, dan lain-lain. Semua kondisi hiruk-pikuk di luar rumah akan mengganggu keamanan dan kenyamanan.

g. Lebih merasakan kepuasan

    Berbeda dengan jika kita bekerja kepada orang lain, tingkat kepuasan yang diterima jauh lebih kecil dibandingkan kepuasan yang diperoleh dengan mengelola bisnis di rumah sendiri. Tingat kepuasan mengelola bisnis di rumah sendiri relatif lebih tinggi karena kita terlibat sepenuhnya dalam aktivitas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan koreksi bahkan sebagian dari rumah kita digunakan untuk berputarnya roda bisnis tersebut. Keberhasilan bisnis di rumah sendiri tentu memberikan kepuasan yang luar biasa kepada pemilik yang sekaligus menjadi pengelolanya.

Baca selanjutnya tentang Alternatif Bisnis yang Dilaksanakan di Rumah Sendiri selanjutnya...!!

No comments:

Post a Comment