Sunday, February 7, 2016

Keuntungan Wirausahawan

Keuntungan  Wirausahawan - Apapun yang menjadi pilihan profesi seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akan di hadapkan dengan dua sisi yang saling bertentangan berupa keuntungan dan kerugian masing-masing. anda yang menjadi karyawan akan dapat keuntungan dan kerugian. demikian juga jika anda memilih menjadi seorang wirausahawan akan menemukan keuntungan dan kerugian pula.
 
Keuntungan dan Kerugian Wirausahawan

 Keuntungan  Wirausahawan


a. Keuntungan Menjadi Wirausahawan 

  • Keuntungan usaha menjadi milik sendiri
          Sebagai Wirausahawan dapat memiliki posisi ganda, yaitu sebagai pemilik perusahaan dan sebagai direktur perusahaan tersebut. sehubungan dengan pendapatan secara finansial akan memperoleh dua sumber juga baik keuntungan perusahaan maupun gaji sebagai direktur perusahaanyang bertanggungjawab atas semua aktivitas usaha dan kesinambungan perusahaan.
  • Memperoleh status dan kepuasan 
          Status sebagai seoarang pemilik perusahaan tentunya akan memberikan kebanggaan tersendiri yang tidak dirasakan jika dia bekerja kepada orang lain sebagai karyawan. rasa bangga yang tidak berlebihan akan memotivasi aktivitas usaha agar lebih maju. Motivasi kuat akan memunculkan berbagai ide baru dan strategi jitu. Ide usaha cemerlang yang dirangkai dengan strategi unggulan akan melahirkan kesuksesan usaha dan kesinambungan hidup perusahaan. Kesuksesan pada akhirnya meningkatkan rasa puas kepada pengusaha tersebut. Kepuasan akan memicu pemilik dan direktur perusahaan untuk mencapai kesuksesan lainya yang lebih tinggi.
  • Tidak diperintah orang lain
           Sehubangan dengan posisinya sebagai pemilik sekaligus direktur perusahaan, maka tidak ada orang lain yang memerintahnya. Sebaliknya justru dia dapat mengendalikan semua karyawannya. Tidak jarang kita mendengar keluhan bahwa karyawan yang merasa sakit hati karena disuruh atasannya dengan cara kurang berkenan di hatinya. Hal itu tidak akan dialami oleh seorang Wirausahawan. Walaupun demikian dia harus bijaksana saat memberikan perintah kepada bawahannya supaya dihormati sebagai pemimpin kharismatik dan mengayomi para karyawan.
  • Berhak mengambil keputusan
          Kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan adalah suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Kecepatan pengambilan keputusan akan lebih mudah diambil jika tidak banyak keterlibatan orang lain. Wirausahawan dapat meminta pendapat atau pertimbangan dari konsultan sebelum mengambil keputusan penting. Itu semata-mata dilakukan bukan karena keharusan tapi agar keputusan yang ditetapkan merupakan keputusan yang paling baik. Semua masukan dari pihak lain merupakan bahan pertimbangan yang pada akhirnya wirausahawan sendiri yang berhak mengambil keputusan.
  • Dapat memilih jenis usaha sendiri
          Seorang wirausahawan mempunyai wewenang untuk memilih jenis usaha. Pertimbangan untuk memilih jenis usaha muncul baik dari luar maupun dari dalam diri wirausahawan tersebut. Pertimbangan dari luar terutama jenis usaha mana yang dibutuhkan masyarakat, Sehingga pada saat usaha tersebut digulirkan akan BOOMING. Pertimbangan dari diri wirausahawan sendiri tentunya dia dapat memilih jenis usaha yang sesuai minat, bakat, dan kemampuan.
Jika usaha yang dijalan sesuai minat, bakat, dan kemampuan maka akan berpengaruh kapada rasa memiliki dan kecintaan wirausahawan terhadap usaha tersebut. Jika wirausahawan mencintai usahanya maka akan timbul motivasi yang kuat untuk kemjuan usahanya. Dia akan menciptakan berbagai strategi agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai oleh para pelanggan. Jika pelanggan loyal terhadap produk dan perusahaan maka keuntungan pun akan diperoleh perusahaan sehingga kesinambungan dari perusahaan akan lebih terjaga.
  • Mempunyai kesempatan berjiwa sosial
          Sebagai pemilik dan direktur perusahaan maka seorang wirausahawan mempunyai banyak peluang untuk hidup bermasyarakat. Wirausahawan sebagai mahluk sosial dapat turut memperhatikan lingkungan sekitarnya. Dia dapat membantu masyarakat disekitar perusahaan. Dia dapat merekrut dan mempekerjakan anggota masyarakat dengan tetap memperhatikan spesifikasi jabatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Spesifikasi jabatan ini penting agar setiap karyawan baru yang direkrut memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik sesuai dengan tugas masing-masing. Sebalinya jika pihak perusahaan mengabaikan spesifikasi jabatan, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan telah mempekerjakan  orang yang tidak tepat sehingga output yang dihasilkan menjadi tidak memenuhi standar.
Disamping perusahaan membantu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran wirausahawan juga dapat membantu masyarakat, bahkan negara dengan membayar pajak dan jakat secara rutin dan jujur. Sebagian dari keuntungan perusahaan dapat digunakan untuk membantu meringankan penderitaan orang lain yang terkena bencana alam, memberikan bea siswa kepada murid-murid yang berprestasi tapi berasal dari keluarga tidak mampu.
Wirausahawan dapat membantu kegiatan tertentu yang diselenggarakan oleh masyarakat seperti pertandingan cabang olah raga, kesenian, dan lain-lain. Hal sekaligus dalam rangka publisitas produk atau perusahaan. Semua itu bisa diwujudkan lebih mudah jika menajadi seorang wirausahawan, dan bukan sebagai karyawan yang bekerja atas perintah orang lain.

" Realita Kehidupan "

Penulis pernah berkunjung kapada teman yang bernama Alan dan istrinya Jieny. Mereka memiliki sebuah rumah makan di traverse city Michigan, Amerika. Sebagai pemilik rumah makan tersebut Alan sangat memperhatikan rasa dari setiap menu makanan yang disajikan kepada pelanggan. Sehubungan dengan itu Alan terjun langsung sebagai kepala juru masak rumah makannya. Sementara itu Jeany memegang kendali keuangan sepenuhnya, dia turun menjadi kasir.
Pada saat bertemu, Mereka bercerita kepada penuls bahwa mereka sering terlambat makan karena terlalu sibuk melayani para pelanggan agar merasa puas sehingga loyal terhadap rumah makannya.
Akhirnya pasangan suami-istri tersebut keduanya memiliki penyakit yang sama yaitu lambung padahal usahanya adalah rumah makan yang berlimpah dengan makanan.

Tips " Sesibuk-sibuknya anda tetap harus menjaga kesehatan. Tubuh yang sehat akan dapat berkonsentrasi untuk menciptakan strategi usaha yang dahsyat"
  

No comments:

Post a Comment