Tuesday, February 23, 2016

Kiat Memilih Lokasi Usaha

Kiat Memilih Lokasi Usaha - Semua orang pasti berpikir bagaimana untuk mencari usaha dengan mendapat lokasi usaha yang strategis dan paling banyak peminat ke tempat kita. Banyak usaha yang sukses dengan dijalankan di tempat tertentu, tetapi usaha yang sama terbukti gagal jika dilaksanakan di tempat lainnya. Tempat tertentu akan sangat sesuai untuk suatu jenis usaha tetapi tidak untuk jenis usaha lainnya.






Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi usaha, yaitu:

 

1. Ketersediaan Bahan Mentah
Ketersediaan bahan mentah merupakan langkah awal bagi sebuah usaha terutama jika produk yang dihasilakan oleh perusahaan yang bersangkutan berupa barang fisik.

2. Jumlah bahan mentah yang dibutuhkan perusahaan
Salah satu indikator dari lokasi usaha yang baik adalah lokasi usaha yang dapat menjamin banyaknya kebutuhan bahan mentah yang diperlukan oleh perusahaan.

3. Kualitas bahan mentah yang dibutuhkan
Banyak tempat usaha yang dapat menyediakan kebutuhan bahan mentah, walaupun demikian tidak semua tempat itu dapat memenuhi kebutuhan bahan mentah sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Kesinambungan persediaan bahan mentah
Tidak sedikit lokasi usaha yang dapat memenuhi kebutuhan bahan mentah baik dari segi jumlahnya maupun dari segi kualitasnya.

5. Harga bahan mentah
Harga bahan mentah yang tinggi akan mengakibatkan harga jual barang jadi menjadi tinggi juga, jika hal ini terjadi maka produk yang dihasilkan akan sulit bersaing dengan produk sejenis dari perusahaan lain.




Tips : jagalah kualitas yang baik agar dapat memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan.


Sebagai pengusaha bukan hanya untuk mencari keuntungan melainkan kesejahteraan bagi lingkungan sekitar perusahaan khususnya bagi para karyawan.
terimakasih atas segala ilmu yang saya dapat kepada dosen yang penuh humoris Bpk R.W. Suparyanto, SE, M.M. semoga bermanfaat bagi masyarakat indonesia tentang Kiat Memilih Lokasi Usaha.

No comments:

Post a Comment