Thursday, February 4, 2016

Karakteristik Wirausahawan

Karakteristik Wirausahawan - Para wirausahawan sukses di berbagai negara pada umumnya memiliki karakteristik yang relatif mirip di antara mereka. Menurut William D Brygrave mengemukakan ada 10 karakteristik wirausahawan di Bawah ini:



  • Dreams ( Mimpi ) visi masa depan serta kemampuan untuk mengimplementasikan mimpi tersebut menjadi kenyataan.
  • Decisiveness ( Ketegasan ) tidak mengulur-ulur waktu dalam mengambil keputusan, kecepatan di anggap sebagai kunci sukses.
  • Doers ( Pelaku ) menetukan suatu tindakan dan melakukannya secara cepat dan tepat.
  • Determination ( Ketepan Hati ) Mengimplementasikan usaha dengan komitmen total, tidak menyerah saat kesulitan.
  • Dedication ( Berdedikasi ) Memiliki dedikasi total terhadap usahanya. bila di anggap perlu akan mengesampingkan hubungan dengan keluarga dan temanya. Kerja keras tidak kenal lelah.
  • Devosion ( Kesetiaan ) Mencintai usaha mereka sendiri sehingga efektif dalam menjual produk bagi kemajuan usahanya.
  • Details ( Terperinci ) Bersifat kritis dan melakukan perincian dalam berbagai hal yang menyangkut usahanya.
  • Destiny ( Nasib ) Bertanggungjawab atas dirinya dan tidak tergantung pada orang lain.
  • Dollars ( Uang ) Menjadikan uang salah satu ukuran kesuksesan. jika sukses akan mendapat uang banyak.
  • Distribute ( Distribusi ) Mendistribusikan atau mendelegasikan sebagian dari tugas, wewenang, dan tanggungjawab kepada orang lain.
Sementara itu Angelina S. Bajaro mengungkapkan bahwa para wirausahawan sukses umumnya memiliki karakter sebagai berikut:
  1. Berani menanggung resiko yang dipertimbangkan 
  2. Mencurahkan segenap perhatian dalam pencapaian tujuan
  3. Gigih dan kerja keras
  4. Bersemangat
  5. Mampu memanfaatkan umpan balik
  6. Bertanggung-jawab
  7. Percaya diri
  8. Berpengetahuan
  9. Mampu meyakinkan orang lain
  10. Memiliki kemampuan menejerial
  11. Inovatif
  12. Berorientasi pada tujuan
Ijinkanlah Penulis mengutip rahasia sukses Rubben Gonzales, seorang motivator yang karya-karyanya telah di akui dunia. rahasianya patut di acungi jempol untuk jadi pedoman kita. rahasia tersebut adalah:

  1. Kita tak akan pernah meraih sesuatu yang luar biasa dalam hidup, sampai kita percaya bahwa sesuatu dalam diri kita lebih besar dari pada situasi yang sedang mengukung diri kita. 
  2. Kita bisa menjadi luar biasa dengan membuat keputusan untuk mengejar impian kita, dan dengan menolak untuk menyerah di tengah jalan.
  3. Setiap kesuksesan yang pernah kita raih, atau akan kita miliki adalah hasil dari keberanian kita untuk bertindak, dan keberanian untuk terus bertahan dari goncangan.
  4. Kesuksesan itu tak berurusan dengan berapa banyak bakat yang kita miliki. Kesuksesan tergantung apa yang kita lakukan dengan bakat yang kita miliki.
  5. Orang sukses menyukai pertempuran, tantangan, dan perjalanan. itu tak lain adalah mengetahui bahwa kita melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan, untuk menjadi diri kita yang terbaik.
  6. Bila kita melakukan apa saja yang memang harus dilakukan sepanjang waktu yang memang diperlukan, kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu.
Itulah yang saya baca dari buku pelajaran tentang Karakteristik Kewirausahawan semoga bermanfaat bagi pembaca dan untuk jadi pedoman usaha anda. 

No comments:

Post a Comment