Saturday, February 13, 2016

Menemukan Gagasan Usaha

Menemukan Gagasan Usaha - Gagasan usaha tidak dapat diabaikan oleh seseorang yang banyak membuka usaha. Gagasan usaha yang baik menjadi modal dasar bagi keberhasilan usaha. Bagi sebagian orang menciptakan gagasan usaha dirasakan sangat sulit. Bagi sebagian orang lainnya gagasan usaha sering tercipta sangat mudah. Bagi golongan ini baik disengaja maupun tidak disengaja dipikirkan gagasan usaha banyak bermunculan.


Menemukan Gagasan Usaha


   Sumber gagasan usaha jika dilihat dari diri pengusaha dapat dibedakan menjadi sumber ekstern maksudnya gagasan usaha yang tercipta berasal dari penelitian secara terencana maupun tidak terncana terhadap lingkungan sekitar. Sedangkan sumber intern maksudnya gagasan usaha yang berasal dari potensi yang ada pada diri pengusaha sendiri.

   Sebagian orang yang mencari gagasan usaha sebaiknya berpikir terbuka. Banyak sisi kehidupan yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk terciptanya gagasan usaha. Semua yang ada di alam ini jika dicermati secara seksama, akan dapat mengilhami terciptanya gagasan usaha yang baik bahkan mungkin belum terpikirkan oleh orang lain.

Anda patut bersyukur telah memiliki dan membaca posting ini. Jika anda cermati buku ini pun dapat menjadi sumber gagasan usaha. Penulis dan penerbit tentunya sangat senang dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki gagasan untuk menjadikan buku ini sebagai literatur mata kuliah Kewirusahaan, Manajemen usaha kecil, Pengantar bisnis, dan lain-lain.

   Gagasan usaha juga dapat terlahir dari sumber intern pengusaha. Tuhan Ynag Maha Kuasa memberikan kelebihan yang berbeda pada setiap orang. Tetapi tidak setiap orang akan menyadari kelebihan yang dimilikinya. Salah satu metode untuk menyadari dan membangkitkan bakat masing-masing yang dimiliki adalah dengan cara melakukan intropeksi sambil merenungkan perjalan hidup yang pernah terlewati. Dengan cara ini diharapkan akan disadari dan ditemukan bahwa ternyata masing-masing kita memiliki bakat atau kelebihan tertentu.

   Misal, Anda memiliki kebiasaan olah raga untuk mengisi waktu luang atau pada saat di kantor, dan beberapa orang dekat mengatakan bahwa badan kamu kekar. Maka tidak menutup kemungkinan baru disadari bahwa anda berpotensi menjadi atlet. Orang yang sering "bergosip ria" akan lebih bermanfaat jadi pembaca dongeng. Para pemuda yang suka olah raga tinju. Orang yang suka menggambari dinding rumah orang lain, Lebih baik menyalurkan bakatnya menjadi seorang pelukis. Pada prinsipnya, anda harus menyadari bakat atau kelebihan yang dimiliki lalu manfaatkan secara positif.

- Menyeleksi Gagasan Usaha

Pada saat kita memiliki banyak gagasan usaha akan sulit untuk fokus jika merealisasikan semua gagasan usaha tersebut. Sehubungan itu alangkah baiknya jika dilakukan pemilihan satu atau beberapa gagasan usaha. Gagasan usaha ysng dipilih tentu harus merupakan gagasan unggulan. Pada saat memilih kadang terjadi dua kesalahan utama, Yaitu Go Eror dan Drop Eror. Go Eror adalah kesalahan yang terjadi dimana pengusaha merealisasi gagasan usaha, Padahal gagasan usaha tersebut tidak layak. Kesalahan memilih gagasan usaha mengakibatkan kerugian, sehingga usaha tidak dapat bertahan dan hancur. Sebaliknya Drop Eror adalah kesalahan dimana pengusaha meninggalkan gagasan usaha yang sebenarnya sangat layak diterapkan.


Menemukan Gagasan Usaha


   Sabaiknya apapun gagasan usaha jika tidak direalisasikan maka tidak akan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. cara yang tepat sebelum direalisasikan adalah menyusun studi kelayakan usaha terlebih dahulu.

Salah satu cara sederhana untuk gagasan usaha dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Tetapkan beberapa langkah gagasan usaha yang akan diukur atau dianalisa misalnya gagasan usaha A, B, C, D dan E.
  2. Tetapkan indikator untuk menilai gagasan usaha.
  3. Tetapkan skala atau skor untuk tiap gagasan usaha. Misalnya 1, 2, 3 di mana skor 1 untuk menunjukan keadaan yang paling lemah dan skor 3 yang paling kuat.
  4. Jumlahkan skor tersebut dan pilih gagasan usaha yang skornya paling tinggi.
Demikian uraian yang saya baca dari sumbernya langsung tentang Menemukan Gagasan Usaha yang ada pada diri kita tanpa kita sadari.
 

1 comment:

  1. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    ReplyDelete