Sunday, February 21, 2016

Kiat-Kiat Mengelola Bisnis Di Rumah Sendiri

Kiat-Kiat Mengelola Bisnis Di Rumah Sendiri - Berikut kiat-kiat mengelola bisnis di rumah sendiri.




a. Upaya mencampur-adukan urusan bisnis dan urusan pribadi atau keluarga

Upaya untuk memisahkan urusan bisnis dan urusan pribadi atau keluarga tidak dapat dianggap mudah. Pada umumnya pengusaha yang melakukan di rumah akan menghadapi kendala ini. Dapat dibayangkan sebagai anggota keluarga harus berjibaku dengan urusan keluarga tetapi disisi lain harus melakukan ektivitas bisnis secara profesional. Kadang keduanya akan saling berbenturan.

Tidak sedikit pengusaha kecil yang gagal karena ketidak-mampuan mereka untuk memisahkan urusan pribadi atau keluarga. Uang yang diperoleh dari bisnis tidak jarang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan bisnis. Sering terjadi uang dari hasil bisnis yang merupakan modal lancar digunakan untuk berbelanja kebutuhan dapur, membayar uang sekolah anak, membayar cicilan elektronik, biaya rumah sakit anggota keluarga, membayar arisan di lingkungan setempat, dan lain-lain. Bila pemilik atau pengelola bisnis tidak mampu memisahkan antara urusan bisnis dan urusan pribadi atau keluarga, maka bersiap saya jika mengalami kegagalan.

b. Menyediakan pesawat telepon khusus untuk kepentingan bisnis

Dalam aktivitas bisnis, pesawat telepon sangat penting keberadaannya. Dengan adanya pesawat yang terpisah dari pesawat telepon kepentingan keluarga, maka pengelola bisnis dapat berhubungan dengan mitra bisnis termasuk konsumen, pemasok, ditributor, pesaing, perbankan dan lain-lain.

c. Menjawab telepon secara profesional

Contohnya cara menjawab telepon secara profesional sebagai berikut :
  • Rakha Agen Pulsa, Ada yang bisa saya bantu?
  • Selamat Pagi, Agen Pulsa Disini, Ada yang bisa saya bantu?
Upayakan sedemikan rupa agar penerima telepon bukan anak-anak karena dapat menimbulkan image kurang baik bagi penelpon.

d. Mengatur Tata letak ( Plan Lay Out )

Setiap barang yang ada di dalam ruangan usaha harus ditata letaknya sedemikian rupa. Di mana letak kursi-kursi, Etalase, Meja Komputer, Kasa dan lain-lain. Pengaturan tata letak yang baik akan membuat suasana ruangan bagi setiap orang, Baik karyawan atau konsumen akan merasa nyaman.

e. Bekerja sama dengan tim

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari anggota tim, antara lain berikut:
  • Jenis pekerjaan tertentu tidak dapat dilaksanakan oleh diri sendiri atau memang lebih baik jika dikerjakan oleh orang lain yang merupakan dari bagian tim.
  • Anggota tim dapat memberikan semangat pada saat kita sedang berada pada kondisi jenuh, mengingatkan kita jika menyimpang dari tujuan yang telah ditetapkan.
  • Secara bersama-sama dengan anggota tim akan membentuk sinergi. Melalui kerja tim 1 + 1 = 11, Artinya kualitas dan kuantitas kerja tim lebih baik dari pada hasil kerja perseorangan.
  • Beban  pekerjaan terasa lebih ringan dan lancar
f. Bersedia mengorbankan waktu pribadi
g. Melakukan pencatatan/pembukuan
h. Membudidayakan hidup hemat dan menabung
i. Mengutamakan kepuasan konsumen
j. Mencintai produk dan usaha
k. Selalu membuka diri terhadap perkembangan
l. Melaksanakan multi strategi bisnis




Demikian tentang Kiat-Kiat Mengelola Bisnis di Rumah Sendiri. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment